Wednesday, June 29, 2011

Arti Lambang Provinsi Sumatera barat

Sumatra Barat adalah Daerah atau Provinsi di mana saya di lahirkan, dan saya dibesarkan meskipun sekarang saya tinggal di daerah rantauan yaitu Provinsi pekanbaru tapi saya tidak akan pernah melupakan kampung halaman saya yaitu Sungai Geringging tepatnya di kota pariaman dan di dareah Sumatra barat. dalam postingan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Lambang dari Provinsi Sumatera Barat tersebut. mungkin ada sebagaian dari kita yang tidak mengetahui arti lambang tersebut.


Berbentuk Perisai yang di dalamnya berisi Rumah Gadang, Atap Mesjid bertingkat tiga, Bintang, Riak gelombang air laut. Dan "Tuah Sakato", merupakan motto yang mempunyai arti, kesepakatan untuk melaksanakan hasil mufakat (Musyawarah) merupakan suatu langkah yang bertuah bagi masyarakat.
Rumah Gadang, melambangkan semangat demokrasi, karena disanalah tempat rakyat bemusyawarah. Atap mesjid bertingkat tiga, melambangkan bahwa agama islam merupakan agama utama bagi rakyat sumbar, Bintang segi lima, Ketuhanan Yang Maha Esa, Riak gelombang laut, lambang dinamika masyarakat Minangkabau.
Nah, seperti itulah Maksud dari lambang Provinsi Minangkabau tersebut, sama dengan lambang - lambang Provinsi lainnya juga mempunyai maksud dan arti tertentu, bukan hanya sekedar simbolis yang hanya dibuat dan tidak berarti saja, tapi mempunyai makna yang mendalam dan menceritakan tentang negara tersebut.

No comments:

Post a Comment